Journal Policies

Kebijakan

Fokus dan Lingkup

Indonesian Journal for The Psychology of Religion (ISSN 2774-2113) merupakan jurnal yang terbit dua kali setahun yang mempublikasikan naskah penelitian yang berkualitas yang menjelaskan dampak agama pada orang Indonesia. Kami menerima nashkah kajian empiris, studi literature, dan komentar pada isu relevan. Penulis diharapkan tidak hanya menjelaskan dan mendiskusikan temuannya pada perilaku orang beragama di Indonesia namun juga membandingkan dengan studi lain di luar Indonesia atau antar budaya di Indonesia. Selain itu, kami juga mendorong penulis untuk menganalisa perilaku beragama di Indonesia atau antar pemeluk ahama yanng ada di Indonesia yang dapat memberikan pemahanan terhadap perilaku beragama orang Indonesia. 

Seluruh manuskrip yang dipublikasikan akan mendapat DOI.

 

Tipe Manuskrip

Original Research

Laporan hasil studi empiris (desain kualitatif, kuantitatif, atau keduanya). Kami menerima artikel yang melaporkan kontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan pada fenomena terkini, terlepas dari hasilnya yang signifikan atau tidak, sejauh metode studi sesuai dan tepat. Kami juga menerima laporan hasil studi replikasi. Jumlah kata untuk manuskrip ini sekitar 6,000 kata, termasuk abstrak berbahasa  Inggris dan Indonesia (masing-masing maksimal 200 kata), badan manuskrip, referensi, tabel, dan figur. Kami juga menerima naskah yang lebih panjang selama penggunaannya tidak berlebihan (redudensi)

Checked Pengiriman dibuka Checked Terindeks Checked Penelaahan Sejawat

Literature Review

Analisis kritis terhadap topik yang spesifik, baik dalam bentuk telaah sistematis maupun naratif. Manuskrip kajian literatur harus mengidentifikasi kesenjangan antara teori dan realita sehingga layak ditelaah. Manuskrip harus memuat informasi tentang metode, yang secara detail menerangkan proses memilih data untuk dianalisis (misal: basis data yang digunakan, kriteria menyeleksi data, dsb.). Meta-analisis direkomendasikan untuk manuskrip telaah literatur sistematis. Jumlah kata untuk manuskrip kajian literatur sekitar 6,000 kata, termasuk abstrak berbahasa  Inggris dan Indonesia (masing-masing maksimal 200 kata), badan manuskrip, referensi, tabel, dan figur.  Kami menerima naskah yang lebih panjang selama penggunaannya tidak berlebihan (redudansi)

Checked Pengiriman dibuka Checked Terindeks Checked Penelaahan Sejawat

Commentary Paper

Manuskrip tipe ini memuat komentar atau opini kritis atas topik atau fenomena tertentu untuk meningkatkan kesadaran pembaca dan untuk menstimulasi studi-studi lanjutan. Manuskrip tip eini perlu mengidentifikasi area yang penting namun belum banyak diteliti dan diekspresikan secara kritis menurut gaya penulisan ilmiah. Jumlah kata sekitar 3,000 kata, termasuk abstrak berbahasa  Inggris dan Indonesia (masing-masing maksimal 100 kata), badan manuskrip (maksimal 8), referensi, tabel, dan figur. 

Checked Pengiriman dibuka Checked Terindeks Checked Penelaahan Sejawat

Editorial Note

Catatan oleh Editor yang dimuat berkala.

Unchecked Pengiriman dibuka Checked Terindeks Unchecked Penelaahan Sejawat
 

Proses Penelaahan Sejawat

Demi efektivitas dalam proses penelaahan sejawat, editor akan melakukan pemeriksaan awal terhadap seluruh manuskrip yang diterima untuk memastikan kesesuaiannya dengan lingkup jurnal dan memastikan manuskrip yang dikirimkan telah sesuai dengan pedoman penulisan. Rekomendasi awal untuk merevisi atau menolak manuskrip dapat dilakukan Editor apabila manuskrip dinilai tidak memenuhi ketentuan atau lingkup jurnal. Proses evaluasi awal biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu bulan.

Manuskrip yang lolos pada seleksi awal akan dikirimkan kepada mitra bebestari independen untuk proses penelaahan sejawat (double blind). Selanjutnya, editor akan membuat keputusan setelah mempelajari komentar dan rekomendasi dari mitra bebestari. Ada empat kemungkinan keputusan yang dibuat: 

  • DITERIMA tanpa revisi,
  • REVISI MINOR (setelah revisi, tidak perlu dikirimkan ke mitra bebestari lagi),
  • REVISI MAJOR (setelah revisi, perlu dikirimkan ke mitra bebestari lagi),
  • KIRIM KE JURNAL LAIN (biasanya karena tidak sesuai dengan lingkup jurnal),
  • TOLAK.

Kami menargetkan keputusan editorial pertama dapat dibuat dalam rentang 3 bulan, walaupun proses ini akan sangat bergantung pada ketersediaan dan tempo kerja mitra bebestari. 

Proses penyuntingan (copyediting) akan dimulai untuk manuskrip yang dinyatakan diterima dan hanya setelah penulis mengirimkan surat pernyataan yang ditandatangani, yang suratnya akan dikirimkan bersamaan dengan surel notifikasi penerimaan manuskrip.

 

Frekuensi Publikasi

IJPR terbit rutin dua kali setiap tahunnya, yakni setiap Februari dan Agustus. 

 

Kebijakan Open Access

 

IJPR mengimplementasikan akses gratis untuk setiap artikel yang dipublikasikan dengan tujuan untuk memastikan seluruh tulisan dapat diakses khalayak umum sehingga mendukung pertukaran informasi secara global.  

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi. Lebih lanjut...

 

Indeksasi

 

Indonesian Journal for The Psychologi of Religion (IJPR) terindeks di:

 

Etika Publikasi

Semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan Indonesian Journal for The Psychology of Religion (Editor, Mitra Bebestari, Penulis) harus mematuhi etika publikasi ilmiah. Etika publikasi kami terutama didasarkan pada Pedoman Perilaku dan Panduan Praktik Terbaik untuk Editor Jurnal (Committee on Publication Ethics, 2011). 

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB EDITOR

General Duties and Responsibilities

Editor bertanggung jawab atas semua yang diterbitkan dalam jurnal, yang menyiratkan konsekuensi untuk berusaha memenuhi kebutuhan pembaca dan penulis, terus meningkatkan jurnal, memastikan kebebasan berekspresi, menghalangi kebutuhan bisnis dari kompromi standar intelektual dan etika, dan menjaga integritas. catatan akademik.

Editor bertanggung jawab untuk menjaga netralitas dan independensi dari nilai-nilai pribadi saat mengelola proses seleksi manuskrip.

 

Keputusan Editorial

Editor bertanggung jawab untuk memutuskan kiriman mana yang memenuhi syarat untuk dipublikasikan. Evaluasi harus dilakukan berdasarkan pada nilai ilmiah dari naskah yang dikirimkan, dan harus bebas dari ras penulis, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, etnis, kewarganegaraan, kewarganegaraan, atau kepentingan politik. Keputusan editorial harus mencerminkan kontribusi, keaslian, kejelasan, dan kebaruan artikel yang signifikan dan relevansinya dengan fokus dan ruang lingkup jurnal.

Editor tidak boleh membatalkan keputusannya dan menerima manuskrip yang semula ditolaknya, kecuali masalah serius diidentifikasi pada proses seleksi manuskrip.

 

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada pihak lain selain penulis dan penerbit yang sesuai, sebagaimana diperlukan. Naskah yang dikirim ke mitra bebestari maupun calon mitra bebestari harus anonim.

 

Mitra Bebestari

Editor harus secara aktif mencari mitra bebestari dengan keahlian yang relevan untuk meningkatkan dan menjaga kualitas artikel yang diterbitkan. Semua artikel yang dikirimkan harus diajukan untuk penelaahan sejawat (double blind) sebelum dapat dipublikasikan.

 

Jaminan Kualitas

Editor harus menempuh semua langkah yang seharusnya untuk memastikan kualitas materi yang dipublikasikan. Editor harus mendorong penulis untuk melakukan perbaikan yang sesuai.

 

Pengiriman Manuskrip oleh Editor

Editor diperbolehkan untuk mengirimkan tulisannya sendiri ke jurnal. Namun, pengajuan harus diperlakukan sebagai pengajuan reguler dan tidak boleh ditangani oleh editor yang menulis manuskrip tersebut.

 

Koreksi dan Retraksi

Editor harus membuat langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakomodasi koreksi dan retraksi (pencabutan) artikel yang diterbitkan ketika kesalahan signifikan yang teridentifikasi.

 

Konflik Kepentingan

Editor harus mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penanganan manuskrip yang berpotensi konflik kepentingan.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB MITRA BEBESTARI 

Keahlian yang Relevan

Mitra bebestari harus mengevaluasi manuskrip yang ditugaskan berdasarkan keahliannya dalam bidang tersebut. Setiap mitra bebstari terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk topik penelitian dalam manuskrip yang ditugaskan untuk mereka, harus memberi tahu editor atau menolak undangan untuk mengevaluasi manuskrip tersebut.

 

Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Komentar dan rekomendasi oleh mitra bebestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial. Terlepas dari rekomendasi tersebut, komentar juga harus bermanfaat untuk memfasilitasi dan mendorong penulis dalam memperbaiki manuskripnya.

 

Kerahasiaan 

Manuskrip dan segala dokumen yang diberikan untuk dievaluasi harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia dan tidak boleh diungkapkan kepada orang lain tanpa persetujuan editor.

 

Standar Evaluasi

Komentar dan rekomendasi harus dilakukan secara objektif, berdasarkan pada kualitas substantif dari tulisan  dan bebas dari preferensi pribadi maupun nilai-nilai diskriminatif apapun (termasuk: diskriminasi berbasis gender, ras/etnis, afiliasi penulis).

 

Melaporkan Manuskrip yang Diketahui Telah/dalam Proses Terbit

Mitra bebestari diharapkan untuk memberi tahu editor jika dia mencurigai manuskrip yang ditugaskan untuk ditinjau telah diterbitkan di tempat lain atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain.

 

Pengakuan atas Karya Sebelumnya

Mitra bebestari diharapkan untuk merujuk penulis jika karya relevan yang telah terbit belum dikutip di bagian referensi.

 

Konflik Kepentingan

Mitra bebestari tidak boleh menerima undangan mengevaluasi manuskrip jika ia memiliki konflik kepentingan sebagai akibat dari hubungan apa pun dengan penulis atau afiliasi penulis seperti yang diungkapkan dalam manuskrip.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENULIS 

Melaporkan Kontributor secara Akurat

Penulis harus menjamin semua orang yang berkontribusi yang memenuhi kriteria sebagai penulis. Orang-orang yang terdaftar sebagai penulis harus memiliki kontribusi signifikan dalam: 1). proses pengumpulan atau interpretasi data, 2). persiapan dan penulisan naskah, dan 3). keakuratan dan integritas penulisan ilmiah naskah.

Penulis utama/korespondensi memastikan bahwa semua penulis pendamping yang berkontribusi dan tidak ada orang yang tidak terlibat, yang dimasukkan dalam daftar penulis. Penulis utama bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua penulis telah menyetujui pengajuan untuk publikasi.

 

Akurasi dan Peluang Replikasi

Penulis harus mencerminkan secara akurat proses pengumpulan data, analisis, dan interpretasi. Manuskrip harus berisi informasi yang cukup untuk memungkinkan peneliti lain mereplikasi penelitian.

 

Akses Data

Data mentah dapat diminta untuk ditunjukkan selama proses peninjauan, sepanjang data tersebut anonim, dan oleh karena itu penulis harus memiliki akses terhadap data yang dilaporkan dalam manuskrip. Penulis harus menjaga aksesibilitas ke data setidaknya lima tahun setelah publikasi.

 

Pengakuan terhadap Sumber Referensi

Penulis hanya boleh menyerahkan karya yang seluruhnya asli. Karya orang lain yang berkontribusi pada penelitian yang dilaporkan dalam manuskrip harus dikutip dan diakui dengan tepat. Kutipan yang berlebihan atau tidak perlu harus dihindari.

 

Karya Orisinal

Manuskrip yang telah diterbitkan sebagai materi berhak cipta tidak dapat dikirimkan. Manuskrip yang sedang ditinjau oleh jurnal lain juga tidak boleh dikirimkan. Manuskrip yang dikirim pada dasarnya harus mencerminkan keaslian karya tersebut.

 

Konflik Kepentingan

Penulis harus menyebutkan pernyataan yang mengungkapkan konflik kepentingan yang berpotensi memengaruhi hasil, interpretasi, dan justifikasi temuan. Semua sumber pendanaan harus diungkapkan.

 

Melaporkan Kesalahan dalam Artikel yang Sudah Diterbitkan

Adalah tanggung jawab penulis untuk memberi tahu jurnal jika mereka mengidentifikasi kesalahan signifikan atau ketidaktepatan artikel yang diterbitkan. Jurnal akan memutuskan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakomodasi laporan penulis.

 

__________________

Referensi:

Committee on Publication Ethics (COPE). (2011, March 7). Code of Conduct and Best-Practice Guidelines for Journal Editors. Retrieved from https://publicationethics.org/files/ Code%20of%20Conduct_2.pdf

 

Pemeriksaan Plagiarisme

 

JPU menggunakan beberapa perangkat lunak untuk memeriksa plagiarisme pada setiap manuskrip yang akan diterbitkan, di antaranya: Google, Turnitin, dan iThenticate

 

Koreksi dan Retraksi

Sesuai dengan standar penerbitan ilmiah yang diterima secara umum, IJPR tidak melakukan perubahan apapun pada artikel setelah dipublikasikan. Namun, dalam hal kesalahan serius atau pelanggaran terjadi, IJPR menerbitkan koreksi kesalahan serius yang memengaruhi artikel, tetapi tidak sepenuhnya membatalkan hasil. Catatan koreksi akan dipublikasikan dan ditautkan ke artikel yang diterbitkan. Artikel yang diterbitkan akan dibiarkan apa adanya, tanpa perubahan.

Retraksi hanya dilakukan jika:

  • terdapat bukti yang jelas bahwa temuan studi tidak valid dan tidak reliabel,
  • artikel mengandung unsur plagiarisme,
  • artikel telah dipublikasikan di jurnal atau media lain,
  • artikel melaporkan studi yang tidak lolos atau tidak dipertimbangkan aspek etiknya.

Catatan retraksi akan dipublikasikan dan akan menggantikan artikel yang semula telah dipublikasikan.

 

The retraction note will be published and will replace the retracted article. 

 

Biaya Publikasi

Jurnal ini menerapkan biaya berikut sebagai kompensasi publikasi. 

Pengiriman artikel: 0.00 (IDR)
Jurnal tidak membebankan biaya untuk pengiriman artikel.

 

Publikasi artikel: 0.00 (IDR)

Jurnal tidak membebankan biaya untuk publikasi artikel.

 

Seluruh biaya terkait penerbitan dan publikasi disponsori oleh Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara (KPIN).