Pertanyaan Umum

1. Kapan saya bisa mengirim manuskrip saya?

Seperti dijelaskan pada Pedoman Penulisan, pengiriman manuskrip dibuka setiap saat. Anda dapat mengirimkan manuskrip Anda kapan saja. Kami kadang menerbitkan edisi spesial di mana secara spesifik manuskrip dengan tema tertentu akan dipublikasikan. Tenggat waktu pengiriman manuskrip untuk edisi spesial akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman tentang edisi spesial tersebut.  

 

2. Apakah masih ada tempat untuk manuskrip saya diterbitkan di edisi terdekat IJPR?

Semua manuskrip yang diterima untuk diterbitkan akan diterbitkan langsung pada edisi early view (daring). Artikel yang telah dipublikasikan di edisi daring ini baru akan diberikan nomor dan volume secara bergiliran saat waktu penerbitan tiba (setiap Februari dan Agustus).  

 

3. Apakah ada biaya untuk mengirimkan atau menerbitkan artikel di IJPR?

 Tidak.  

 

4. Berapa lama manuskrip saya akan dievaluasi (review)?

Setelah manuskrip dianggap layak untuk diproses lebih lanjut berdasarkan evaluasi awal oleh editor, manuskrip tersebut akan dikirimkan ke dua mitra bestari untuk dievaluasi dan untuk mendapat rekomendasi apakah manuskrip tersebut layak terbit. Durasi waktu dari mitra bestari tidak bisa kami kontrol - beberapa orang mengirimkan lebih cepat daripada lainnya, karena mereka adalah ilmuwan independen yang tidak bekerja untuk IJPR. Kami menargetkan untuk keputusan editorial pertama dapat diperoleh dalam rentang waktu dua bulan. Anda dapat memeriksa status manuskrip Anda secara berkala dengan masuk ke akun IJPR Anda.

 

5. Mengapa manuskrip saya ditolak?

Manuskrip dapat ditolak karena alasan yang bervariasi dan kadang-kadang tidak terkait kualitas artikel Anda. Penolakan di tahap awal biasanya terjadi karena pengiriman manuskrip tidak memperhatikan Pedoman Penulisan atau karena manuskrip Anda di luar fokus dan lingkup IJPR. Penolakan setelah melalui proses review biasanya berkaitan karena adanya kelemahan dalam studi atau kualitas penulisan, yang dinilai oleh mitra bebestari yang memiliki keahlian di bidang serupa dan disetujui oleh editor. Karena IJPR berharap mendapatkan manuskrip yang layak dipublikasikan, kami menerapkan standar yang yang adil dan beretika untuk menentukan manuskrip mana yang dapat dipublikasikan berdasarkan proses penilaian. 

 

6. Manuskrip saya sudah diterima untuk dipublikasikan. Bisakah saya mendapatkan surat pernyataan diterima?

IJPR tidak memiliki bentuk surat pernyataan lain selain konfirmasi penerimaan manuskrip yang dikirim melalui surel oleh sistem. Anda dapat menggunakan surel tersebut sebagai bukti penerimaan manuskrip. 

 

7. Apa yang terjadi setelah manuskrip saya diterima?

Anda akan diminta untuk mengisi formulir elektronik tentang kesepakatan publikasi. Setelah Anda mengisi formulir tersebut, Anda akan menerima surel berisi konfirmasi penerimaan data Anda. Bersamaan dengan itu, proses penyuntingan akhir akan dimulai. Manuskrip Anda akan disunting untuk memastikan keterbacaan yang baik serta kesesuaian dengan format APA edisi 7. Anda akan dihubungi oleh copyeditor kami jika diskusi lebih lanjut diperlukan. Setelah selesai disunting, manuskrip akan diterbitkan dalam versi daring (forthcoming edition). 

 

8. Bolehkah saya mengirim manuskrip saya yang sedang dievaluasi di IJPR ke jurnal lain?

 Tidak. Anda tidak boleh mengirimkan manuskrip Anda ke jurnal lain jika sedang dievaluasi di IJPR. Ini merupakan pelanggaran etika publikasi yang serius. Saat mengirimkan manuskrip ke IJPR, Anda telah diminta menyepakati bahwa Anda tidak akan mengirimkan manuskrip Anda ke jurnal lain 

 

9. Bolehkah saya mengganti/mengubah nama, urutan nama, dan afiliasi setelah manuskrip diterima?

Tidak boleh. Nama, urutan nama, dan afiliasi penulis pada artikel yang diterbitkan akan mengacu pada data yang pertama kali Anda kirimkan saat mengirimkan manuskrip. Oleh karenanya, Anda harus mempertimbangkan dengan matang mengenai hal ini saat pertama kali mengirimkan manuskrip karena hal ini tidak dapat diubah setelah pertama kali dikirimkan, bukan hanya setelah diterima.  Namun demikian, kesalahan teknis mungkin dapat terjadi, untuk hal ini akan diberikan pelakukan khusus bergantung kasusnya. Namun hal ini tidak menjamin permohonan tersebut diterima.

 

11. Apa yang saya perlu tuliskan di cover letter?

Fungsi utama dari cover letter ialah sebagai pengantar kepada editor yang menerangkan mengapa studi Anda layak dipublikasikan di jurnal ini. Perlu diulas apa kontribusi unik yang diberikan oleh studi ini terhadap perkembangan literatur yang ada. Anda juga perlu menjelaskan bahwa manuskrip Anda original, belum pernah dipublikasikan, serta tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Jika relevan, Anda dapat menuliskan apakah ada konflik kepentingan atau apakah ada mitra bestari yang Anda harapkan tidak mengevaluasi artikel Anda, beserta alasannya. Pada prinsipnya, segala informasi yang perlu diketahui editor terkait manuskrip Anda dapat dituliskan di sini.